Filateli Bukan Sekedar Hobi Koleksi

11/08/2017 07:12:00 PM

Di awal-awal masa kuliah beberapa tahun lalu, aku sempat menggeluti satu aktifitas yang sama sekali belum pernah kucoba sebelumnya. Berbekal cerita dari seorang teman yang mengoleksi benda-benda pos, aku mulai mencari tau apa itu "filateli".

Istilah filateli sendiri muncul pertama kali pada tahun 1864 dalam karangan seorang pengumpul prangko asal Perancis, M. Herpin, yang berjudul Baptême (Baptism). Filateli istilah yang digunakan sebagi kegiatan mengumpulkan benda-benda pos, seperti prangko, sampul hari pertama, kartu pos, uang kertas bahkan koin dari berbagai negara.

Prangko dari Berbagai Negara (Koleksi Pribadi)
Filateli merupakan hobi yang paling banyak dimintai di dunia. Orang-orang yang mengoleksi benda-benda pos ini sering disebut sebagai filatelis. Para filatelis di Indonesia sendiri memiliki komunitas yang bernama Perkumpulan Filatelis Indonesia. Masing-masing filatelis mengoleksi benda-benda pos ini sesuai dengan apa yang mereka minati, baik itu prangko saja ataupun kartu pos saja, kebanyakan sih semua benda pos. Tema prangko yang sering dikoleksi pada umumnya, seperti flora, fauna, dan tokoh.
Tampak Depan Kartu Pos Spesial 11.11.2011 (Koleksi Pribadi)
Kartu Pos Sekal1 Seumur H1dup (Koleksi Pribadi)
Setiap negara mengeluarkan prangko dengan tema yang berbeda-beda setiap waktunya, pada kesempatan, event dan momen tertentu, seperti pada 11 November 2011 lalu, PT. Pos Indonesia mengeluarkan kartu pos  unik 11.11.11-11 untuk mengabadikan momen spesial Sekal1 Seumur H1dup. Aku sendiri ikut serta dalam momen spesial itu, momen langka yang hanya terjadi seribu tahun sekali. Untuk menambah keunikan dari momen ini, kartu pos itu hanya dicetak sebanyak 11.111 dengan seri 1 sampai 11.111, dijual dengan harga 11.000 dan hanya tersedia di 11 kota di Indonesia, aku lupa di kota mana aja, yang terpenting bagiku saat itu, Medan termasuk salah satu kota yang beruntung mendapat jatah kartu pos kece ini.

 Chiesa di Santa Maria dei Miracoli (Brescia) dan Basilica dei Santi Pietro e Paolo (Roma), dua gereja di Italia yang diabadikan ke dalam sebuah kartu pos (Koleksi Pribadi)
Prangko Fauna dari Brazil, Benedetto XVI dari Italia dan Gerakan 1st December dari Pakistan (Koleksi Pribadi)
Hobi filateli ini menuntut seorang filatelis aktif dalam mencari informasi ter-update perkembangan dunia filateli. Itulah mengapa hobi ini dapat mengasah kreatifitas kita, memperluas lingkaran pergaulan dan wawasan kita. Dari benda-benda pos ini juga kita dapat memperoleh pengetahuan baru tentang suatu peristiwa atau cerita dibalik tokoh-tokoh penting dunia.

You Might Also Like

0 komentar