Bergerak Bersama Melalui Donasi, Petisi Dan Kampanye

2/02/2018 09:28:00 PM

Hari ini, hampir semua orang mampu mengakses internet, terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia, saudara yang jauh jaraknya, teman lama, bahkan dengan orang yang tidak dikenal sama sekali. Berbagi tentang segala hal. Cara bersosialisasi pun mulai bergeser melalui media sosial. Berkumpul disana karena satu hal yaitu memiliki ketertarikan dan kepentingan yang sama. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal kebaikan, seperti apa yang dilakukan kitabisa.com dalam mengumpulkan donasi untuk berbagi kepada sesama, petisi online tentang sosial di change.org atau menggerakkan kampanye, semisal kampanye alam dan lingkungan di wwf.or.id.

Logo KitaBisa.com
Situs kitabisa.com merupakan platform penggalangan dana online dimana kita dapat mengajak sebanyak-banyaknya orang (yang disebut #OrangBaik) untuk turut serta berdonasi bagi yang membutuhkan. Situs ini mencoba menjembatani niat baik orang-orang untuk menyalurkan donasinya kepada orang yang tepat. Satu hal yang membuat situs ini semakin kece adalah "Birthday Fundraising", sistem baru dimana kita dapat merayakan ulang tahun kita dengan mengajak keluarga, teman-teman dan netizen untuk berdonasi membantu mereka yang membutuhkan, sehingga ulang tahun kita menjadi lebih bernilai.

Logo Change.org
Pernah mendengar petisi yang dibuat untuk menolak hukuman mati terhadap tersangka kejahatan narkoba? Atau kalian juga menandatangani petisi tersebut? Petisi dibuat untuk mendesak pemerintah atau suatu organisasi untuk mengambil tindakan atas isi tuntutan dalam petisi tersebut. Change.org merupakan salah satu situs yang sering digunakan untuk membuat petisi yang mengusung perubahan sosial.

Panda sebagai logo WWF.
Sedangkan WWF Indonesia merupakan yayasan independen yang memiliki visi dalam upaya pelestarian untuk mewujudkan dunia dimana manusia dapat hidup selaras dengan alam. WWF Indonesia juga menghimpun donasi dan menyebarkan petisi guna membantu upaya pelestarian alam.

Diluar dari konotasi negatif pergeseran cara bersosialisasi ini. Justru dengan kemudahan akses internet dan media sosial, kita dapat menghimpun sebanyak-banyaknya orang untuk bergerak bersama dalam menyebarkan kebaikan dan membuat perubahan.

You Might Also Like

0 komentar