Kuliah Sambil Bekerja? Siapa takut. Begini kiatnya agar tak keteteran

5/17/2019 12:16:00 AM

Banyak diantara orang beranggapan bahwa kuliah sambil bekerja sebuah ketidakmungkinan untuk dilakukan. Membagi waktu antara bekerja dan padatnya jadwal kuliah, nampaknya akan merepotkan. Terlebih dengan tugas kuliah yang terkadang butuh begadang hingga larut malam. Ketidakmungkinan inilah yang sebagian orang bisa lakukan. Sudah banyak mahasiswa yang berhasil menjalankan keduanya pada saat yang bersamaan.

Tetap bisa kuliah sambil bekerja asalkan bisa mengatur waktu dan kesehatan. Jangan sampai kamu susah mengatur antara memikirkan kuliah atau bekerja, dan tentunya jangan sampai pekerjaan mengganggu tugas utama kamu sebagai mahasiswa. Ingat kamu sudah diberikan tanggung jawab oleh keluarga untuk menyelesaikan pendidikan hingga lulus. Jangan hanya karena kamu terlalu capek antara membagi kegiatan kuliah dengan bekerja kesehatanmu pun terganggu.
Ilustrasi mahasiswa yang bekerja paruh waktu. (Sumber foto: ist)
Akan lebih bagus jika kamu bisa mengaturnya. Sebuah kebanggaan tersendiri jika kamu mulai berlatih mandiri. Selain mendapatkan uang jajan tambahan, kuliah sambil bekerja dapat memberikanmu banyak pengetahuan lebih yang belum semua orang dapatkan di kampus, salah satunya adalah menambah pengalaman bekerja dalam tim. Kamu juga dapat belajar beradapasi di lingkungan kerja, sehingga setelah lulus nanti kamu bisa beradaptasi dengan cepat.

Berbagai keuntungan kuliah sambil bekerja tentunya akan menarik untuk kamu. Namun bagi kamu yang belum pernah mencoba pastinya bingung bagaimana membagi waktu yang tepat. Berikut tips untuk kamu yang akan mencoba kuliah sambil bekerja:

Memilih bidang kerja yang sesuai.

Menginformasikan ke perusahaan bahwa kamu adalah mahasiswa. Kesibukan kuliah tentunya menjadi prioritas utama kamu sebagai seorang mahasiswa. Namun ketika kamu ingin kuliah sambil bekerja kamu harus pintar membagi waktu. Saat kamu melakukan test wawancara dan memperkenalkan diri, jangan lupa untuk menginformasikan bahwa kamu seorang mahasiswa. Agar perusahaan dapat membantu menyesuaikan jadwal bekerja kamu dengan jadwal kuliah.

Kuatkan mentalmu.

Menghabiskan waktu setiap hari dengan kesibukan kuliah dan bekerja butuh kerja keras dan mental yang kuat. Ketika mentalmu tidak cukup kuat, apa yang kamu kerjakan akan menghambat salah satunya. Apalagi ketika keseharian disibukkan dengan aktivitas keduanya, kamu harus mengorbankan sebagian kesempatan untuk bermain dan bersenang-senang. Ketika niat dan mental sudah kuat, semua akan berjalan dengan baik dan tentunya pembagian waktumu akan lebih teratur.

Jaga konsistensi.

Sebelum kamu melakukan aktivitas, luangkan waktu sekitar lima menit untuk menyusun rencana yang dapat meminimalisir pemborosan waktumu esok hari. Jadwal yang terkontrol akan membuatmu menghadapi aktivitas dengan lebih rileks dan percaya diri.

Hilangkan kebiasaan menunda.

Sering mendapatkan tugas dari kampus bukan berarti kamu harus menunda tugas tersebut hingga mendekati tenggat yang ditentukan. Hal seperti ini yang terkadang membuat rencanamu sedikit kacau. Lebih baik kerjakan sebelum batas waktu, dan hilangkan kebiasaan menunda. Selain tugas cepat terselesaikan tanpa menunda, kamu juga bisa mengevaluasi hasil tugasmu apakah ada kesalahan atau tidak.

Manfaatkan waktu santai dengan rileks tanpa kegiatan yang membuat stres.

Waktu santai adalah saatnya kamu memanjakan diri untuk menghindari stres dengan kesibukan setiap harinya. Kamu bisa dengan merilekskan badan, tidur-tiduran atau istirahat sekejap agar tubuh lelahmu kembali segar. Kurangi bermain games atau pekerjaan berat yang membuatmu kembali stres lagi. Sayangi tubuhmu dengan memberikan waktu istirahat.
Mamikos, platform kost ideal di sekitarmu.
Dari penjelasan diatas, tentunya akan memberikan manfaat besar bagi kamu membagi waktu. Selain pembagian waktu yang tepat, carilah kost yang ideal dan nyaman untuk kamu tempati. Kost yang nyaman akan mempengaruhi mood (perasaan) kamu, dengan tingkat kenyamanan yang tinggi bisa menguras tingkat stres. Pencarian kost terdekat yang tepat bisa kamu cari melalui mamikos.com. Download dan gunakan aplikasi Mamikos sekarang. Temukan kost ideal dan nyaman untukmu!

You Might Also Like

0 komentar